You are here
Home > Berita > KOPASUS MASIH DI PERINGKAT 3 PASUKAN ELIT DUNIA Versi GFP (Discover)

KOPASUS MASIH DI PERINGKAT 3 PASUKAN ELIT DUNIA Versi GFP (Discover)

Gambar https://suprizaltanjung.files.wordpress.com/2015/10/kopassus-228.jpg

 

Rakyat Indonesia patut berbangga hati dengan pencapaian yang telah di torehkan oleh Satuan Spesial Elite Force KOPASUS TNI , bagaimana tidak dikutip dari  Sumber : Merdeka.com dan VoA Discover Channel military , Spesial Elite Force KOPASUS menenpati urutan no 3 setelah SAS Inggris dan Mossad Israel.

Mau tau siapa saja Pasukan Khusus Negara mana saja yang menduduki 5 Besar di dunia Versi GFP (Discover), berikut Ulasannya.

  1. Special Elite Force SAS ( INGGRIS )

SAS merupakan singkatan dari Special Air Service, merupakan salah satu pasukan elit dunia milik Inggris yang dibentuk pada 31 Mei 1950. Pasukan inilah yang menjadi kunci kemenangan Inggris dalam perang dunia II. Ada sejumlah fakta menarik tentang pasukan elit Inggris satu ini. Apa saja?

Pertama, SAS tidak pernah merekrut anggota dari masyarakat biasa. SAS hanya merekrut mereka yang sudah menjadi bagian dari militer Inggris, entah itu tentara angkatan laut atau angkatan udara kerajaan. Selain itu, para kandidat harus memiliki pengalaman minimal 3 bulan di masing-masing resimennya. Latihan untuk menjadi pasukan SAS juga merupakan salah satu pelatihan militer yang terberat di dunia. Dikarenakan latihannya sangat ekstrim, hanya laki-laki saja yang diizinkan untuk bergabung dengan SAS. Sebelumnya, wanita memang diizinkan masuk SAS, namun mereka tidak pernah diterjunkan ke medan pertempuran, hingga akhirnya diputuskan bahwa laki-laki saja yang bisa menjadi anggota SAS.

Beberapa fakta menarik lain tentang SAS adalah seleksinya yang berat, tahapan seleksi menjadi SAS memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, hanya beberapa orang yang lolos menjadi anggota SAS, dan tidak sedikit anggota yang dikeluarkan karena tidak memiliki mental yang kuat.

  1. Special Elite Force Mossad ( ISRAEL )

Mossad Israeli adalah pasukan Elit yang berasal dari negara Israel. Mossad Israeli bisa di bilang paket lengkap untuk sebuat pasukan khusus dimana Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan Intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Mossad Israeli adalah identitas utama dalam komunitas intelijen Israel dimana direktur Mossad Israeli ini harus melapor langsung kepada Perdana Menteri. Mossad Israeli yang memiliki style beladiri Israeli Krav Maga ini memiliki peran dan fungsi sama seperti Central Intelligence Agency (CIA).

  1. Special Elite Force KOPASUS ( INDONESIA )

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Tugas Kopasus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus). Selain itu, Tugas Kopasus Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (bantuan kemanusiaan), AIRSO (operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Prajurit Kopassus dapat mudah dikenali dengan baret merah yang disandangnya, sehingga pasukan ini sering disebut sebagai pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto “Berani, Benar, Berhasil”.

  1. Special Elite Force Navy Seal ( AMERICA )

U.S. Navy SEAL (The United States Navy Sea, Air and Land) adalah pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, yang disiapkan untuk melakukan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontra terorisme, dan operasi khusus lainnya.

Mereka yang terpilih menjadi anggota Navy SEAL dilantik setelah menyelesaikan pendidikan dasar Basic Underwater Demolition SEAL (BUD/S) dan program khusus yang disebut SQT (SEAL Qualification Training), baru kemudian berhak menyandang bed khusus the SEAL Trident. Bed ini merupakan tanda pengenal buat anggota SEAL dalam pertempuran bersama dengan unit pasukan khusus lainnya.

Pendidikan BUD/S berlangsung selama 6 bulan. Setelah menyelesaikan pendidikan ini, kandidat Navy SEALs juga akan memperoleh wing terjun. Kandidat yang lulus pendidikan ini otomatis akan melanjutkan ke program SQT selama 15 minggu.

Seragam lapangan Navy SEALs selalu dibedakan dari kesatuan/unit tempur yang didukungnya. Seperti pada Perang Vietnam, anggota SEAL menggunakan seragam kamuflase bermotif loreng macan.

  1. Special Elite Force Spetsnaz ( RUSIA )

Spetsnaz (Voyska spetsialnogo naznacheniya) adalah suatu istilah umum untuk pasukan khusus di Rusia, yang arti literalnya adalah “unit tujuan khusus”. Dalam bahasa Rusia, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada pasukan khusus di semua negara dan juga unit-unit tujuan khusus di berbagai kementerian di Rusia, tidak hanya militer (bahkan termasuk tim penyelamat khusus di Kementerian Keadaan Darurat Rusia), sementara dalam bahasa Inggris, istilah ini digunakan spesifik untuk pasukan khusus Rusia. Unit Spetsnaz banyak melatih pasukan-pasukan khusus di berbagai belahan dunia seperti Garda Republik di Suriah, pasukan khusus Angola, Kuba, Ethiopia dan Vietnam, serta berlatih bersama dengan pasukan khusus di berbagai negara.

Spetsnaz memiliki tugas pengintaian dan operasi khusus lainnya pada masa damai maupun perang, seperti layaknya pasukan khusus di negara-negara lainnya (termasuk di Indonesia). Tugas utamanya dalam masa perang adalah infiltrasi ke wilayah musuh, terutama sebelum konflik dimulai, dan setelah sampai di tujuan, melaksanakan sabotase (seperti menghancurkan pusat-pusat logistik NATO), serta pembunuhan rahasia (assassination) terhadap pemimpin pemerintahan dan perwira militer yang berpengaruh. Spetsnaz saat ini juga sering ditugaskan untuk melawan tindakan terorisme, terutama di wilayah Kaukasus dan Chechnya.

Demikian Adalah 5 Pasukan khusus yang paling berpengaruh di dunia versi GFP (Discover), Maju terus TNI INDONESIA ( NKRI Harga Mati ).

 

Tinggalkan Balasan

Top
%d blogger menyukai ini: