Tulis & Tekan Enter
images

Tips Menjaga Kesehatan Jantung pada Saat Ramadan

Tips berpuasa: dr Haizal Haron Kamar
(Dokter Spesialis Jantung)

Malaysia - Bulan Ramadan telah tiba dan seluruh umat muslim di dunia akan berpuasa dari masuk waktu subuh sampai apabila terbenamnya matahari pada waktu maghrib. Berpuasa bisa  menyebabkan keadaan stress terhadap sistem tubuh kita ini disebabkan ketiadaan makanan dan minuman sepanjang hari. Bagi orang yang tidak pernah berpuasa, amalan ini adalah suatu ujian yang hebat untuk mereka. 

Bagaimana pada orang yang sakit jantung, misalnya, seseorang yang mempunyai penyakit jantung seperti serangan jantung atau kegagalan jantung?

Apakah boleh menjalani ibadah puasa?
 Berpuasa adalah salah satu dari rukun Islam dan bagi seorang muslim, jika tidak berpuasa di bulan Ramadhan, orang akan memandang tidak baik padanya walaupun dengan alasan wajar seperti faktor kesehatan. 
 
Anda akan bertanya, bagaimana menurut pandangan saya? 

Saran saya adalah jika anda mempunyai masalah kesehatan  jantung, contohnya, anda selalu menghadapi angina pektoris (sakit dada yang berkaitan dengan kesehatan jantung) atau gejala-gejala gagal jantung, contohnya sesak nafas, lebih baik untuk tidak berpuasa karena keadaan kesehatan jantung anda tidak stabil dan anda perlu sering minum obat untuk menghindari keadaan fisik stress terhadap tubuh.
 
Bagaimanapun, jika keadaan anda stabil, anda boleh berpuasa, tetapi dengan syarat anda telah mendapat nasehat dan saran dari dokter.
 
Selain daripada memenuhi rukun Islam sebagai seorang Muslim, berpuasa juga dapat membantu kesehatan  jantung dengan banyak cara.

Kebanyakan penderita jantung mempunyai masalah kencing manis, darah tinggi dan mengalami kadar kolesterol yang tinggi. Berpuasa selama sebulan dapat memberi kesempatan  untuk penderita jantung untuk mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

Memilih makanan yang kurang dalam gula, garam dan lemak, dapat membantu dalam kondisi-kondisi ini dan menghindari jantung untuk keadaan yang tidak baik.
 
Kegemukan juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit arteri koroner. Berpuasa dapat membantu dalam mengurangi berat badan dengan membatasi tingkat kalori yang seimbang dalam sehari. Seseorang itu akan berasa lebih nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.
 
Tambahan pula, segelintir penderita jantung masih merokok. Kebiasaan merokok yang tidak diperbolehkan pada saat berpuasa ini, dapat membantu untuk seseorang mengurangi jumlah batang rokok  sehari. Mungkin di masa yang akan datang dapat berhenti merokok. 
 
Untuk menjaga kesehatan, seseorang itu hendaknya mengikuti kegiatan rutin harian yang baik, seperti berolahraga dan makan makanan yang bergizi. Kegiatan rutin harian ini memang agak susah untuk diikuti setiap hari.

Oleh karena itu, disiplin dan kemauan diri yang kuat itu sangat penting. Bulan Ramadan merupakan waktu yang paling tepat untuk mengikuti kegiatan rutin harian ini.
 
Kesedihan dan penyesalan selalu terjadi setelah seseorang mengalami penyakit jantung. Keadaan  ini mungkin tidak diketahui oleh orang lain karena kebanyakan penderita jantung ini menyembunyikan keadaannya.

Bulan Ramadan dapat membantu seseorang untuk menjadikan momen ini sebagai kesadaran spiritual, dan ini dapat membantu kesehatan mental. 

Seperti yang telah dibicarakan, terdapat beberapa kebaikan pada penderita jantung apabila berpuasa apabila keadaan jantung mereka stabil dan aman untuk berpuasa. 

Kepada semua umat muslim, Selamat menunaikan ibadah bulan Ramadan. Semoga anda selalu sehat. 

Kemudian pula, ada beberapa hal yang anda harus perhatikan pada saat berpuasa.
Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut : 
• Selalu minum obat anda, seperti yang disarankan oleh dokter anda

• Bertemu dengan dokter anda paling tidak sekali pada saat bulan Ramadan 

• Menggunakan bulan Ramadan ini untuk berhenti merokok 

• Berolahraga ringan.

• Mengkonsumsi makanan yang bergizi.

• Jika anda merupakan seorang penderita kencing manis, membawa permen untuk menghindari terjadinya hipoglikemik.

• Selalu memperhatikan kesehatan anda jika hendak berpuasa dan bertanya kepada dokter anda untuk masalah kesehatan ini.

dr Haizal Haron Kamar
(Dokter Spesialis Jantung)
Thomson Hospital Kota Damansara, Malaysia. MBBS (Newcastle upon Tyne), MRCP (UK), FRCP (Edin), FACC (USA), FSCAI, FAPSIC (Asia Pacific), FNHAM. Info lebih lanjut. www.drhaizal.com

 


TAG

Tinggalkan Komentar